Oleh: Napol Riel
Pertunjukan seni kolaboratif bertajuk “Keloid Reflections”(Cermin Keloid) ditampilkan secara virtual oleh penggiat Balad Kawit Seja, Umah Ramah dan penggiat muda lainnya dalam Konferensi tahunan UCR QTSR (University of California, Riverside on Queer and Trans Studies in Religion) yang keenam, pada 17-19 Februari 2024, atau 16-18 Februari 2024 waktu setempat. Tempat pelaksanaan dan kebutuhan pertunjukan ini didukung oleh Institut Studi Islam Fahmina, Umah Ramah, dan Balad Kawit Seja.
Pertunjukan Keloid Reflections ditampilkan melalui metode transmedia yaitu dari novel “Keloid” (2022) menjadi perpaduan puisi, gerakan somatik dan musik instrumental yang mengiringinya. Karya pertunjukan ini diinisiasi oleh Rhaka Katresna (penggiat Balad Kawit Seja) yang tertarik setelah membaca novel yang diterbitkan Umah Ramah tersebut. Seketika itu, ia mengajak Napol Riel (penulis “Keloid” dan penggiat Umah Ramah) untuk berkolaborasi menampilkan pertunjukan Cermin Keloid secara daring dari kantor Umah Ramah dalam Peringatan IDAHOBIT oleh Arus Pelangi tahun lalu.
Selang beberapa bulan, Rhaka mengajukan proposal untuk menampilkan pertunjukan seni ini dalam konferensi UCR-QTSR yang kemudian diterima oleh pihak penyelenggara. Selain Napol, ia juga mengajak Lacahya (penggiat seni teater), Barr (mahasiswa dan penggiat seni sastra), dan Leon (komposer musik, illustrator dan kreator komik) untuk turut berkolaborasi.
Di sesi tanya-jawab, Rhaka menuturkan bahwa Keloid Reflections diwujudkan sebagai salah satu bentuk karya kolektif dalam upaya membangun kesadaran berwelas asih terhadap individu dengan ragam identitas ketubuhan; dalam konteks yang diceritakan di novella “Keloid”, yaitu terhadap individu trans laki-laki. “Keloid” sendiri menceritakan tentang kisah nyata perjalanan hidup dan pengalaman batin tokoh utama bernama Jenar sebagai trans laki-laki yang hidup di Indonesia dengan latar belakang keluarga Muslim.
Keloid Reflections melalui proses kreatif yang cukup menguras energi kawan-kawan penggiat yang terlibat. Sebelum menulis puisi bersama, mereka terlebih dahulu membaca buku Keloid dengan saksama; merefleksikan apa yang dialami tokoh Jenar dengan pengalaman hidup masing-masing. Hasil refleksi itu dituliskan dalam bentuk tangents (berupa ungkapan, komentar, atau pertanyaan kepada penulis) untuk didiskusikan bersama secara daring. Setelah diskusi refleksi, penulisan bait-bait puisi pun dilakukan. Tiap orang menuangkan ide-idenya ke dalam google document dari rumah masing-masing, yang kemudian disusun menjadi sebaris puisi.
Musik pengiring dikomposisikan oleh Leon berdasarkan mood dalam kisah Keloid. Para penampil–Rhaka dan Lacahya–berlatih menginterpretasikan proses refleksi mereka atas pengalaman transisi hidup Jenar–secara spiritual dan ketubuhan–ke dalam tubuh mereka masing-masing, melalui gerakan somatik mengikuti alunan musik dan pembacaan puisi oleh Barr.
Dua hari sebelum pentas, mereka yang akan tampil berkumpul untuk menyelaraskan semuanya ke dalam satu pertunjukan utuh; urutan persiapan, tata ruang pentas, pencahayaan, sistem pengeras suara, dan lainnya. Setelah dilakukan gladi resik beberapa kali, Keloid Reflections berhasil ditampilkan dengan baik di hadapan audiens konferensi UCR QTSR yang hadir secara luring maupun daring.
Antusiasme hadirin terlihat dalam sesi diskusi pasca penampilan mereka. Beberapa audiens berkomentar mengapresiasi karya kolektif ini. Beberapa yang lain, bertanya tentang proses kreatif dan konteks yang melatarbelakanginya. Respons audiens satu per satu ditanggapi Rhaka dan Napol–mewakili yang lainnya–dengan sukacita lantaran pesan dalam pertunjukan karya tersebut sampai kepada penonton.
Melalui proses tersebut dan wawasan berdasarkan pengalaman Rhaka, Barr, Lacahya, dan Leon–selain Napol sebagai penulis Keloid–dalam penggarapan karya ini, adalah benar bahwa karya ini mengafirmasi perkembangan psikologis, spiritual dan seksual dari trans laki-laki. Harapan dari karya ini adalah menginspirasi semakin bermunculan karya dan kerja kolektif serupa, serta diskusi-diskusi inklusif yang mengafirmasi pengalaman individu dengan ragam identitas ketubuhan; mereka yang pengalamannya sering kali terabaikan dan disalahartikan dalam masyarakat.[]